DPRD Kaltim Harapkan Peningkatan Besaran Upah Minimum Provinsi (UMP) di 2024

Posted by : benuaeta November 16, 2023

benuaetamnews.com – Dewan Pengupahan, yang terdiri dari berbagai unsur stakeholder, mulai menggodok pembahasan Upah Minimum Provinsi (UMP) menjelang akhir tahun. Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Salehuddin, menyampaikan harapannya agar terjadi peningkatan pada besaran UMP Kaltim di tahun 2024.

Salehuddin menjelaskan bahwa proses pembahasan UMP melibatkan beberapa tahapan yang telah ditetapkan. Keputusan akhir mengenai peningkatan atau penurunan besaran UMP akan diambil melalui Dewan Pengupahan, yang melibatkan berbagai unsur. Ia meyakini keterlibatan banyak pihak dalam Dewan Pengupahan akan menghasilkan keputusan yang terbaik sesuai dengan harapan masyarakat.

Politisi Golkar ini mengharapkan agar pembahasan di Dewan Pengupahan dapat dilakukan dengan lebih cepat guna menggodok besaran nilai UMP Kaltim 2024. Melihat peningkatan ekonomi di Kaltim, Salehuddin berharap adanya keadilan bagi pekerja atau buruh dengan meningkatkan besaran UMP.

Meskipun Salehuddin tidak menyebutkan secara rinci persentase peningkatan yang diharapkan, ia meyakini bahwa Dewan Pengupahan telah memiliki prosedur dan perhitungan yang tepat berdasarkan beberapa aspek. Harapannya ini didasarkan pada kenaikan harga bahan pokok dasar kebutuhan masyarakat yang seharusnya menjadi pertimbangan untuk meningkatkan UMP.

“Trennya kita lihat tidak ada yang mengalami penurunan, justru mengalami kenaikan, maka dari itu kami harap adanya peningkatan pada UMP 2024,” ungkap Salehuddin, mengindikasikan bahwa kondisi ekonomi yang meningkat seharusnya tercermin dalam peningkatan UMP demi kesejahteraan pekerja.(adv)

RELATED POSTS
FOLLOW US