Kolam Bekas Tambang Sebagai Alternatif Sumber Air Baku untuk PDAM Bontang Mendapat Dukungan Anggota DPRD Kaltim

Posted by : benuaeta October 27, 2023

benuaetamnews.com – Anggota Komisi III DPRD Kaltim, Sutomo Jabir, memberikan dukungan penuh terhadap rencana penggunaan kolam bekas tambang PT Indominco Mandiri (IMM) sebagai sumber air baku untuk PDAM Bontang. Setelah melalui uji laboratorium yang menunjukkan tingkat pH air yang aman, kolam bekas tambang ini dianggap sebagai solusi potensial untuk mengatasi krisis air bersih di Bontang.

Sutomo Jabir bersama anggota dewan lainnya telah melakukan kunjungan langsung ke lokasi kolam bekas tambang IMM untuk memastikan kualitas airnya. Pengujian menunjukkan bahwa air di kolam tersebut memiliki tingkat pH antara 7 hingga 8, sehingga memenuhi standar keamanan untuk dikonsumsi.

Sutomo Jabir menegaskan bahwa proses pengujian air dilakukan secara berkala, bahkan melibatkan pihak ketiga dan laboratorium eksternal, untuk memastikan kualitas air tetap terjaga. Meskipun masih ada kekhawatiran di kalangan masyarakat, Sutomo Jabir menekankan bahwa secara ilmiah air tersebut sudah terbukti aman dan telah melalui proses sosialisasi dan edukasi.

Dalam upayanya mengatasi krisis air bersih di Bontang, Sutomo Jabir berharap agar masyarakat dapat mendukung langkah Pemprov Kaltim dan Pemkot Bontang. Ia juga memberikan apresiasi kepada PT Indominco Mandiri yang telah berkontribusi dengan menyediakan sumber air bekas tambang untuk kepentingan masyarakat. Rencana ini diharapkan dapat menjadi alternatif yang aman dan layak bagi PDAM Bontang serta memenuhi kebutuhan air bersih di wilayah tersebut.(adv)

RELATED POSTS
FOLLOW US