Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur Dukung DBON, Namun Audit Dibutuhkan untuk Transparansi Dana Hibah

Posted by : benuaeta October 21, 2023

agendakaltimnews.com – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) telah memberikan dukungan penuh kepada Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) melalui alokasi dana hibah. Namun, anggota DPRD Kaltim, Marthinus, mengungkapkan kekhawatiran terkait besarnya alokasi dana yang diberikan kepada DBON Kaltim, dan ia menekankan perlunya audit untuk memastikan transparansi dalam penggunaan dana tersebut.

Dalam rapat paripurna ke-38 di DPRD Kaltim, Marthinus menyatakan, “Soal DBON ini menjadi pertanyaan masyarakat Kaltim. Anggaran yang dihibahkan oleh Pemprov Kaltim cukup besar. Ini memerlukan evaluasi lebih lanjut.” Hibah ini merupakan bentuk dukungan Pemprov Kaltim kepada pemerintah pusat untuk memajukan olahraga di seluruh nusantara, sebagaimana disampaikan oleh Sekda Provinsi Kaltim, Sri Wahyuni, yang mengatakan, “Alhamdulillah, Pemprov Kaltim memberikan dukungan penuh kepada DBON. Untuk mendukung program dalam DBON, kami memberikan hibah.”

Namun, ada kekhawatiran dari sebagian masyarakat Kaltim terkait alokasi dana kepada beberapa organisasi, terutama DBON Kaltim, yang dianggap terlalu besar. Marthinus mengusulkan agar audit segera dilakukan oleh Inspektorat Wilayah (Itwil) Kaltim bersama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Kaltim untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas dalam penggunaan dana hibah.

Selain itu, Marthinus juga mendesak pengurus DBON Kaltim untuk memberikan keterangan dan transparansi terkait penggunaan dana hibah tersebut. Dengan langkah-langkah evaluasi dan audit ini, diharapkan akan tercipta transparansi dan akuntabilitas dalam penggunaan dana hibah DBON demi kemajuan olahraga di Kaltim.

Berikut adalah rincian alokasi hibah Pemprov Kaltim untuk DBON dan organisasi olahraga di Kaltim:

  1. KONI Kaltim: Rp43,5 miliar
  2. DBON Kaltim: Rp31 miliar
  3. NPCI Kaltim: Rp10 miliar
  4. Kormi Kaltim: Rp7,5 miliar
  5. Bapopsi Kaltim: Rp2,5 miliar
  6. Bapomi Kaltim: Rp2 miliar
  7. Bapor Korpri Kaltim: Rp2 miliar
  8. Siwo PWI Kaltim: Rp1,5 miliar
    (adv)
RELATED POSTS
FOLLOW US